#TanyaDrhKelemahan Kaki pada Anjing Pasca Sterilisasi: Penyebab, Penanganan, dan...

Kelemahan Kaki pada Anjing Pasca Sterilisasi: Penyebab, Penanganan, dan Perawatan

-

Pertanyaan dari Z**i:

Dok, anjing saya baru saja menjalani steril dan diberikan suntikan bius di kaki kanan belakangnya. Setelah efek biusnya hilang, kakinya yang disuntik menjadi lemas dan tidak bisa digunakan untuk berdiri. Sudah tiga hari berlalu dan kakinya masih lemas serta tergantung. Apa penyebabnya ya, Dok? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Dijawab oleh: drh Bambang Himawan.

Selamat malam. Terima kasih atas pertanyaannya! Berikut beberapa kemungkinan penyebab kaki lemas pada anjing Anda setelah diberikan suntikan bius:

  1. Reaksi Terhadap Anestesi: Beberapa anjing mungkin mengalami reaksi terhadap anestesi atau obat penenang yang digunakan selama prosedur steril. Ini bisa menyebabkan kelemahan atau kehilangan fungsi sementara pada anggota tubuh yang disuntik.
  2. Trauma Saraf: Jarum suntik mungkin telah mengenai saraf di kaki anjing Anda, yang dapat menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan sementara. Hal ini biasanya membaik dengan waktu, tetapi membutuhkan pemantauan yang ketat.
  3. Inflamasi atau Infeksi: Area suntikan bisa mengalami peradangan atau infeksi, menyebabkan nyeri dan kelemahan pada kaki yang terkena.
  4. Hematoma: Terbentuknya hematoma (penggumpalan darah di bawah kulit) di sekitar area suntikan bisa menyebabkan tekanan pada saraf atau jaringan sekitarnya, mengakibatkan kaki menjadi lemas.

Langkah-Langkah Penanganan

  1. Kompres Hangat: Oleskan kompres hangat pada area yang disuntik untuk membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi darah.
  2. Observasi dan Pembatasan Aktivitas: Batasi aktivitas anjing Anda untuk menghindari cedera lebih lanjut dan berikan waktu istirahat yang cukup untuk pemulihan.
  3. Pemeriksaan Rutin: Amati perubahan pada kaki yang lemas, seperti adanya pembengkakan, kemerahan, atau tanda-tanda infeksi lainnya.
  4. Konsultasi dengan Dokter Hewan: Sangat penting untuk membawa anjing Anda kembali ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter hewan mungkin perlu melakukan pemeriksaan fisik, tes darah, atau imaging (seperti rontgen) untuk menentukan penyebab pasti dan meresepkan perawatan yang tepat.

Tindakan Tambahan

  • Obat Pereda Nyeri atau Anti-inflamasi: Dokter hewan mungkin meresepkan obat untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan peradangan di area yang terdampak.
  • Fisioterapi: Jika diperlukan, dokter hewan dapat merekomendasikan sesi fisioterapi untuk membantu memulihkan fungsi kaki anjing Anda.

Edukasi

Penting untuk memahami bahwa beberapa anjing mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk pulih setelah operasi, terutama jika terjadi komplikasi di sekitar area suntikan. Selalu pantau kondisi anjing Anda dan segera konsultasikan dengan dokter hewan jika ada perubahan atau kekhawatiran.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau jika kondisi anjing Anda tidak membaik, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan bantuan dan perawatan yang diperlukan.

Last Updated on July 9, 2024 by drh Bambang Himawan

Latest

Penyilangan Kucing Apakah Berbahaya?: Penjelasan, Langkah, dan Solusi Kesehatan

Pertanyaan dari Z***A: Dok, saya mau tanya nih. Di rumah ada kucing kampung betina yang sudah memasuki masa kawin. Saya...

Anak anjing tertinggal di dalam rahim atau tidak? Langkah dan Solusinya

Pertanyaan dari S******A: Selamat malam, Anjing Pomeranian saya berumur 9 tahun dan baru pertama kali melahirkan tadi pagi sekitar pukul...

Detak Jantung Cepat pada Anjing Pasca dari Diare Berdarah: Penyebab, Pemeriksaan, dan Solusi

Pertanyaan dari Y***S: Detak jantung anjing saya sangat cepat, biasanya tidak seperti itu. Sudah dicoba cek gusi dan lidah, tapi...

Bahaya Minyak Goreng bagi Kucing: Dampak Kesehatan, Penanganan, dan Pencegahan

Pertanyaan dari A****A: Dokter. Tadi siang kucing saya minum minyak goreng sisa di wajan. Setelah itu, dia menjadi pendiam dan...

Penanganan Darurat untuk Kucing yang Mengalami Trauma dan Pendarahan: Penyebab, Risiko, dan Tindakan Segera

Pertanyaan dari A****A: Assalamualaikum Dok, Saya mau tanya, kucing saya yang berumur 2 bulan tadi malam tidak sengaja terinjak pipinya...

Mengatasi Bersin Berdarah pada Anjing: Penyebab, Penanganan, dan Perawatan

Pertanyaan dari D**A: Dok, saya mau tanya, anjing saya bersin keluar darah. Itu kenapa ya? Obat apa yang harus saya...

You might also like