#TanyaDrhDiare pada Anak Anjing Akibat Susu Sapi: Penyebab, Penanganan,...

Diare pada Anak Anjing Akibat Susu Sapi: Penyebab, Penanganan, dan Perawatan

-

Pertanyaan dari G*****A:

Dokter, anjing saya sering mengalami diare karena saya memberinya susu Indomilk. Apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mengobatinya? Apakah ada obat khusus yang harus diberikan, atau cukup dengan oralit saja? Umurnya sekitar 2 minggu, dan induknya sudah mati. Bagaimana cara mengatasinya agar dia bisa sembuh?

Dijawab oleh: drh Bambang Himawan.

Selamat malam. Terima kasih atas pertanyaannya! Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menangani diare pada anak anjing Anda yang berusia sekitar 2 minggu dan sedang diberikan susu Indomilk.

Penyebab Diare

Diare pada anak anjing yang disebabkan oleh pemberian susu sapi, seperti Indomilk, kemungkinan besar terkait dengan intoleransi laktosa. Susu sapi mengandung laktosa yang sulit dicerna oleh anak anjing, terutama jika mereka sudah terpisah dari induknya dan tidak mendapatkan susu dari induk yang lebih mudah dicerna.

Langkah-Langkah Penanganan

  1. Hentikan Pemberian Susu Sapi: Segera hentikan pemberian susu sapi seperti Indomilk kepada anak anjing. Sebagai gantinya, gunakan susu formula khusus untuk anak anjing yang bisa didapatkan di toko hewan peliharaan atau apotek hewan.
  2. Rehidrasi dengan Oralit: Untuk mengatasi dehidrasi akibat diare, Anda bisa memberikan oralit khusus untuk hewan peliharaan atau larutan rehidrasi yang aman bagi anak anjing. Ini penting untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang.
  3. Susu Formula Khusus Anjing: Berikan susu formula yang diformulasikan khusus untuk anak anjing. Susu ini mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan lebih mudah dicerna dibandingkan susu sapi.
  4. Perawatan dan Pengawasan: Pantau kondisi anak anjing secara ketat. Pastikan mereka tetap hangat dan nyaman. Anak anjing yang masih sangat muda memerlukan lingkungan yang hangat karena mereka belum bisa mengatur suhu tubuhnya dengan baik.
  5. Konsultasi dengan Dokter Hewan: Meskipun Anda telah melakukan langkah-langkah di atas, sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter hewan. Dokter hewan dapat memberikan pemeriksaan lebih lanjut dan mungkin meresepkan obat-obatan tambahan yang diperlukan.

Tindakan Tambahan

  • Pemberian Probiotik: Dokter hewan mungkin menyarankan pemberian probiotik untuk membantu memulihkan kesehatan saluran pencernaan anak anjing.
  • Nutrisi Tambahan: Selain susu formula, pastikan anak anjing mendapatkan nutrisi yang cukup dengan mengikuti saran dari dokter hewan.

Edukasi

Penting untuk memahami bahwa sistem pencernaan anak anjing sangat sensitif, terutama pada usia yang sangat muda. Memberikan susu sapi yang tidak diformulasikan khusus untuk anjing dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan, termasuk diare yang dapat berbahaya bagi kesehatan mereka. Selalu gunakan produk yang aman dan sesuai untuk hewan peliharaan Anda.

Jika gejala diare berlanjut atau memburuk, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Last Updated on July 9, 2024 by drh Bambang Himawan

Latest

Penyilangan Kucing Apakah Berbahaya?: Penjelasan, Langkah, dan Solusi Kesehatan

Pertanyaan dari Z***A: Dok, saya mau tanya nih. Di rumah ada kucing kampung betina yang sudah memasuki masa kawin. Saya...

Anak anjing tertinggal di dalam rahim atau tidak? Langkah dan Solusinya

Pertanyaan dari S******A: Selamat malam, Anjing Pomeranian saya berumur 9 tahun dan baru pertama kali melahirkan tadi pagi sekitar pukul...

Detak Jantung Cepat pada Anjing Pasca dari Diare Berdarah: Penyebab, Pemeriksaan, dan Solusi

Pertanyaan dari Y***S: Detak jantung anjing saya sangat cepat, biasanya tidak seperti itu. Sudah dicoba cek gusi dan lidah, tapi...

Bahaya Minyak Goreng bagi Kucing: Dampak Kesehatan, Penanganan, dan Pencegahan

Pertanyaan dari A****A: Dokter. Tadi siang kucing saya minum minyak goreng sisa di wajan. Setelah itu, dia menjadi pendiam dan...

Penanganan Darurat untuk Kucing yang Mengalami Trauma dan Pendarahan: Penyebab, Risiko, dan Tindakan Segera

Pertanyaan dari A****A: Assalamualaikum Dok, Saya mau tanya, kucing saya yang berumur 2 bulan tadi malam tidak sengaja terinjak pipinya...

Mengatasi Bersin Berdarah pada Anjing: Penyebab, Penanganan, dan Perawatan

Pertanyaan dari D**A: Dok, saya mau tanya, anjing saya bersin keluar darah. Itu kenapa ya? Obat apa yang harus saya...

You might also like